Komposisi Kandungan ASI

Halo moms pembaca setia Indohealthy taukah anda dibalik segudang manfaat yang dimiliki oleh ASI ternyata inilah beberapa kandungan yang dimiliki ASI. Selain mudah dicerna karena mengandung zat gizi yang sesuai, juga mengandung enzim yang berfungsi untuk mencerna zat-zat gizi yang terdapat dalam ASI tersebut. ASI mengandung zat-zat gizi berkualitas tinggi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan otak bayi.

Komposisi Kandungan ASI

Penasaran bukan? apa sajakah kandungan yang dimiliki oleh ASI berikut akan kita ulas kandungan zat gizi dalam ASI :
  • Taurin

Taurin adalah sejenis asam amino kedua terbanyak dalam ASI yang berfungsi sebagai neuro-transmiter dan peran penting untuk proses maturasi sel otak.
  • Decosahexanoic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (AA)

Zat ini adalah asam lemak tak jenuh rantai panjang (polyunsatuteted fatty acids) yang diperlukan untuk pembentukan sel otak yang optimal. jumlah DHA dan AA dalam ASI sangat mencukupi serta menjamin pertumbuhan dan kecerdasan anak. Disamping itu DHA dan AA dalam tubuh dapat dibentuk atau disintesa sari substansi pembentukannya (prekursor), yaitu masing-masing dari omega 3 (asam linolenat) dan omega 6 (asam linoleat).
  • Karbohidrat

Jenis karbohidrat yang utama di dalam ASI berada dalam bentuk laktosa. Kadar laktosa dalam ASI ini paling tinggi bila dibandingkan dengan kadar laktosa pada susu sapi. Laktosa berfungsi untuk meningkatkan absorpsi (penyerapan) mineral kalsium (Ca) dan menstimulus pertumbuhan lactobacillus bifidus, yang berperan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme pathogen penyebab suatu macam penyakit.
  • Protein

Kadar protein dalam ASI tidak terlalu tinggi, namun mempunyai peranan yang sangat penting. Di dalam ASI protein dalam bentuk senyawa-senyawa sederhana yang berupa asam-asam amino. Asam amino utama yang terkandung dalam ASI adalah Kasein, Laktabumin, dan laktoglobilin yang sekaligus berperan sebagai anti bodi bagi bayi.
  • Lemak

Lemak merupakan sumber utama kalori yang terkandung dalam ASI. meskipun kadarnya cukup tinggi, namun senyawa lemak tersebut mudah diserap oleh seluruh pencernaan bayi yang belum berkembang secara sempurna. kadar senyawa lemak yang tinggi dalam asi adalah berbentuk kolesterol. Bayi membutuhkan kadar kolesterol tertentu untuk merangsang pembentukan enzim protektif. Enzim ini berfungsi untuk mengefektifkan metabolisme kolesterol dalam tubuh pada usia dewasa.
  • Mineral

Kandungan mineral didalam ASI lebih rendah daripada yang terkandung di dalam produk susu hewani. ASI mengandung zat besi (Fe) dan mineral esensial yang terkandung dalam ASI yaitu senyawa seng (Zn).
  • Vitamin

ASI mengandung berbagai jenis vitamin, yaitu : Vitamin A, karoten, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin C (asam askorbat), biotin, kolin, Asam piridoksin (Vitamin B3) Riboflavin (B2), Thiamin (B1), dan sianokobalamin (Vitamin B12).

Itulah beberapa kandungan yang terdapat dalam ASI dibalik Segudang manfaatnya yang begitu menakjubkan, oleh karena itu dianjurkan agar ibu terus memberikan ASI ekslusif kepada bayi nya setidaknya selama usia 0-6 bulan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komposisi Kandungan ASI "

Posting Komentar